Lurah   mempunyai  tugas     menyelenggarakan   urusan   pemerintahan, pembangunan       dan       kemasyarakatan diwilayah     kelurahan      dan melaksanakan      kewenangan   pemerintahan     yang      dilimpahkan oleh Walikota.

Lurah dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

a.       Perencanaan pengkoordinasian dan pelaksanaan urusan Pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta melaksanakan urusan lainn yang dilimpahkan Walikota.

b.      Perencanaan pengkordinasian dan fasilitasi pemberdayaan dan pelayanan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum pemeliharaan fasilitas umum, pembinaan Lemabga Kemasyarakatan dan pelaksanaan kegiatana kelurahan lainnya.

c.       Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Rincian tugas lurah adalah

a.       Merumuskan sasaran dan program kerja kelurahan berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk mencapai visi dan misi.

b.      Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya.

c.       Membimbing pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.

d.      Memeriksa  hasil   pekerjaan   bawahan  berdasarkan   basil   kerja   untuk mengetahui     adanya kesalahan     atau kekeliruan serta      upaya penyempurnaannya.

e.      mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan,   kemasyarakatan   dan   Ketertiban  Umum di Kelurahan dengan  instansi  lembaga   SKPD terkaitberdasarkan    ketentuan   dan prosedur  dan  ketentuan  yang  berlaku.

f.        Mengoordinasikan      pelaksanaan      pelayanan      kelurahan      kepada masyarakat  berdasarkan  prosedur  dan  ketentuan  yang  berlaku.

g.       Memfasilitasi   dan    mengoordinasikan   pelaksanaan.   penanggulangan bencana  di wilayah kerja   berdasarkan   prosedur  dan   ketentuan    yang berlaku untuk  tanggap darurat  bencana.

h.      Mengevaluasi   dan    melaporkan   pelaksanaan    tugas   sesuai   dengan prosedur  dan   ketentuan   yang   berlaku  sebagai  bahan  pertimbangan bagi  pimpinan.

i.         Melaksanakan    tugas   kedinasan   lain   yang    diperintahkan   pimpinan baik   lisan    maupun   tertulis   sesuai   dengan   tugas   dan    fungsi  serta ketentuan  yang  berlaku.

 

Sekretaris  mempunyai tugas melaksanakan  dan   memberikan  pelayanan adrministrasi    umum,    kepegawaian,    penyusunan     program,    evaluasi, pelaporan serta   akuntansi  dan  administrasi  keuangan.  Adapun fungsi adalah:

a.       Penyusunan  dan  pengoordinasian  program, evaluasi dan  pelaporan.

b.      Penyelenggaraan  administrasi  urnurn, persuratan,   kearsipan  dan kepustakaan,   serta   kehumasan  dan  keprotokoleran.

c.       Penyelenggaraan administrasi  kepegawaian.

d.      Pengelolaan dan  penatausahaan   barang/ asset.

e.      Penyelenggaraan  akuntansi  dan  adrninistrasi  keuangan.

f.        Pelaksanaan      tugas    kedinasan     lain   yang    diberikan    oleh   atasan    sesuai dengan    tugas    dan   fungsi.

Rincian  tugas    Sekretaris    adalah :

a.       Merencanakan  program   kerja    Sekretariat    Kelurahan    berdasarkan ketentuan  yang  berlaku.

b.      Membagi tugas   kepada  bawahan  sesuai  dengan  fungsi  dan   tanggung jawabnya.

c.       Membimbing  pelaksanaan   tugas    bawahan   sesuai  dengan  fungsi  dan tanggungjawabnya.

d.      Memeriksa hasil pekerjaan bawahan berdasarkan hasil  kerja  untuk merigetahui adanya     kesalahan     atau      kekeliruan     serta      upaya penyempurnaannya.

e.      Melakukan    penyusunan,    koordinasi   dan    sinkronisasi    perencanaan dan   perumusan   program  kerja   Kelurahan  berdasarkan   program  dan kegiatan dari rnasing-rnasing seksi  untuk   mencapai visi  dan misi.

f.        Melaksanakan   pengelolaan  administrasi  umum,  persuratan,   kearsipan dan  kepustakaan   berdasarkan  prosedur  kerja.

g.       Melaksanakan  pengelolaan    kebersihan,    ketertiban    dan    keamanan gedung  kantor  berdasarkan   tugas    dan   fungsi  sebagai  acuan   dalam pelaksanaan   tugas.

h.      Melaksanakan  tugas   kehumasan  dan  keprotokoleran  sesuai  ketentuan yang  berlaku.

i.         Melaksanakan  administrasi  kepegawaian  berdasarkan   ketentuan  yang berlaku.

j.        Melaksanakan    pengelolaan   administrasi    barang/ asset     berdasarkan ketentuan  yang  berlaku.

k.       Meogoordinasikan   penyusunan   laporan  (bulanan,   triwulan,  semester dan  tahunan)  Kelurahan  sesuai dengan  ketentuan  yang  berlaku.

l.         Menyelenggarakan  akuntansi   dan   administrasi   keuangan   Kelurahan sesuai ketentuan  yang  berlaku.

m.    Mengevaluasi   dan    melaporkan   pelaksanaan    tugas     sesuai   dengan prosedur   dan   ketentuan   yang   berlaku  sebagai  bahan   pertimbangan bagi  pimpinan. 

n.      Melaksanakan    tugas    kedinasan   lain   yang    diperintahkan    pimpinan baik   lisan  maupun   tertulis   sesuai   dengan   tugas    dan    fungsi  serta ketentuan  yang  berlaku.

Seksi    Pernerintahan,    Ketentraman   dan    Ketertiban   Umum  mempunyai tugas   menyiapkan bahan  dan  melaksanakan  kebijakan  teknis pengelolaan administrasi  pernerintahan,  ketentraman   dan  ketertiban  umum  diwilayah Kelurahan. Seksi Pemerintahan, ketentraman dan Ketertiban Umum dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi adalah:

a.       Penyiapan      bahan       perumusan       kebijakan,       pengkoordinasian, perencanaan        dan        pelaksanaan       administrasi       pemerintahan, pelaksanaan   pembinaan  ketentraman  dan  ketertiban  umum  diwilayah Kelurahan.

b.      pelaksanaan  tugas   kedinasan  lain  yang  diberikan  oleh  atasan.

 

Rincian  tugas   Kepala Seksi   Pemerintahan ,  Ketentraman   dan   Ketertiban adalah:

a.       merencanakan   program  kerja   Seksi Pemerin tahan , Ketentraman  dan Ketertiban Umum berdasarkan   ketentuan  yang  berlaku.

b.      Membagi tugas   kepada  bawahan  sesuai  dengan  fungsi  dan   tanggung jawabnya.

c.       Membimbing pelaksanaan  tugas  bawahan sesuai dengan fungsi dan tanggungjawabnya.

d.      Memeriksa  hasil   pekerjaan  bawahan   berdasarkan   hasil   kerja   untuk mengetahui adanya kesalahan atau  kekeliruan serta upaya penyernpurnaannya.

e.      Melaksanakan   pelayanan   administrasi   kependudukan    berdasarkan prosedur  dan  ketentuaan  yang  berlaku.

f.        Memfasilitasi pelaksanaan  pendataan  penduduk  sesuai  prosedur   dan ketentuan  yang  berlaku untuk  kevalidan data  kependudukan.

g.       Memfasilitasi  penyelenggaraan   penyuluhan   hukum   dan   pertanahan berdasarkan   ketentuaan  yang  berlaku.

h.      Melaksanakan    pemberian   rekomendasi   penyusunan    risalah   tanah dan    urusan   kesatuan   bangsa   dan   politik  berdasarkan    ketentuaan yang  berlaku.

i.         Melaksanakan    Pernbinaan  LPMK dan  Rukun   Tetangga/   Rukun   Warga sesuai  ketentuaan  yang   berlaku  untuk     meningkatkan  pengetahuan LPMK  dan  RT/  RW.

j.        Memfasilitasi   pelaksanaan     penilaian    Kelurahan    berprestasi     sesuai dengan prosedur dan  ketentuan yang berlaku.

k.       Melaksanakan     Ketentraman,     ketertiban     umum,    penanggulangan bencana  dan   perlindungan   masyarakat:  di  wilayah  Kelurahan  dan mengoordinasikannya     dengan     unit/  instansi    terkait     sesuai     dengan tugas   dan fungsi.

l.         Memantau   setiap   kegiatan  masyarakat   baik   organisasi partai  politik, orgarusasi   massa,     organisasi    kepernudaan    dan    organisasi    lainnya yang    bisa    membahayakan     keamanan       dan    ketertiban    di   wilayah Kelurahan  sesuai   dengan   prosedur  dan ketentuan  yang  berlaku.

m.    Memantau  setiap  kegiatan    rnasyarakat     yang     bersifat     hambatan, tantangan,   ancaman  dan    gangguan  serta   kegiatan-kegiatan   yang menjurus  pada  perbedaan  unsur,      suku,  ras,  agama  dan  antar golongan  (SARA) serta   pelanggaran   Peraturan    Daerah    sesuai    dengan prosedur  agar  kagiatan  berjalan  dengan   lancar.

n.      Memfasilitasi   pemberian    rekomendasi    izin    keramaian    dan     izin penebangan   pohon  sesuai  dengan  prosedur  agar   kagiatan   berjalan dengan lancer.

o.      Mengevaluasi    dan    melaporkan  pelaksariaan   tugas  sesuai  dengan prosedur   dan   ketentuan  yang  berlaku  sebagai bahan  pertimbangan bagi  pimpinan.

p.      Melaksanakan   tugas   kedinasan   lain   yang  diperintahkan    pimpinan baik   lisan  maupun   tertulis    seeuai  dengan tugas    dan    fungsi  serta ketentuan   yang  berlaku.

 

Kepala   Seksi   Ekonomi  dan   Pembangunan   rnempunyai   tugas   menyiapkan bahan    dan   melaksanakan    kebijakan   teknis   penyelenggaraan   pernbinaan ekonomi dan  pembangunan   di wilayah Kelurahan.  Fungsi Kepala  Seksi  Ekonomi  dan    Pembangunan adalah:

a.       Penyiapan       bahan       perumusan       kebijakan,       pengkoordinasian, perencanaan  dan  pelaksanaan   pernbinaan ekonomi dan  pembangunan Kelurahan.

b.      Pelaksanaan  tugas kedinasan  lain  yang diberikan oleh  atasan.

 

Rincian  tugas   Kepala  Seksi  Ekonomi  dan    Pernbangunan adalah :

a.       Merencanakan    program   kerja    Seksi  Ekonomi   dan    Pernbangunan berdasarkan  ketentuan  yang berlaku.

b.      Membagi tugas kepada  bawahan  sesuai  dengan  fungsi   dan   tanggung jawabnya.

c.       Membimbing  pelaksanaan tugas  bawahan  sesuai    dengan  fungsi dan tanggungjawabnya.

d.      Memeriksa   hasil   pekerjaan  bawahan  berdasarkan   hasil  kerja   untuk mengetahui adanya kesalahan atau  kekeliruan serta upaya penyempurnaannya.

e.      Mengoordinasikan    dan   memfasilitasi   pelaksanaan   kegiatan     ekonomi dan   pembangunan   di  wilayah kelurahan  berdasarkan   prosedur  dan ketentuan yang berlaku.

f.        Mengoordinasikan    pembinaan    pengusaha     keeil    dalam    rangka pengembangan   usaha   kecil  dengan   instansi   terkait   berdasarkan ketentuan  yang berlaku   untuk  mendukung  ekonorni   keluarga.

g.       Memfasilitasi  pembentukan   Kelompok Usaha  Bersama  berdasarkan prosedur  dan  ketentuan  yang berlaku.

h.      Melaksanakan    program  usaha   ekonomi  produktif  generasi   muda, bantuan   kesejahteraan   sosial  bagi   anak-anak   terlantar   dan    lanjut usia   berdasarkan  prosedur  dan  ketentuan  yang berlaku.

i.         Memantau,  mengawasi dan   memfasilitasi bantuan   dana  bergulir dan kredit mikro berdasarkan  prosedur  dan  ketentuan  yang berlaku.

j.        Melaksanakan      kegiatan     musyawarah     pembangunan      kelurahan berdasarkan  ketentuan  yang  berlaku  untuk   menampung  aspirasi masyrakat.

k.       Memfasilitasi  pelaksanaan   Bulan Bakti Gotong Royong Badurisanak berdasarkan     petunjuk     teknis    yang    telah     ditetapkan     untuk meningkatkan   partisipasi  masyarakat.

l.         Melaksanakan  pemberian   rekomendasi   Izin  Gangguan    (HO), Surat Izin Tempat Usaha  (SITU) dan  Izin Mendlrikan Bangunan di wilayah kelurahan  berdasarkan  prosedur dan  ketentuan  yang berlaku.

m.    Mengevaluasi   dan    melaporkan   pelaksanaan    tugas   sesuai   dengan prosedur  dan   ketentuan   yang   berlaku  sebagai  bahan  pertirnbangan bagi  pimpinan.

n.      Melaksanakan    tugas  kedinasan   lain   yang    diperintahkan   pimpinan baik   lisan    maupun   tertulis   sesuai  dengan   tugas  dan    fungsi  serta ketentuan yang  berlaku.

 

 

 

Kepala   Seksi  Kesejahteraan    Rakyat   dan     Pemberdayaan    Masyarakat dalam melaksanakan tugas    fungsi yaitu:

a.       Penyiapan      bahan      perumusan      kebijakan,      pengkoordinasian, perencanaan    dan    pelaksanaan    Kesejahteraan   Rakyat   dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan.

b.      Pelaksanaan  tugas kedinasan  lain  yang  diberikan oleh  atasan.

 

Rincian  tugas   Kepala  Seksi  Kesejahteraan   Rakyat  dan    Pemberdayaan Masyarakat   adalah:

a.       Merencanakan    program   kerja     Seksi   Kesejahteraan    Rakyat   dan Pemberdayaan Masyarakat  berdasarkan  ketentuan  yang  berlaku.

b.      Membagi tugas  kepada  bawaban  sesuai  dengan fungsi dan   tanggung jawabnya.

c.       Membimbing pelaksanaan   tugas  bawahan  sesuai  dengan  fungsi  dan tanggungjawabnya.

d.      memeriksa  hasil   pekerjaan  bawahan  berdasarkan   hasil   kerja   untuk mengetahui adanya kesalahan atau  kekeliruan serta  upaya penyempurnaannya.

e.      Mengoordinasikan   penumbuh    kernbangan   Iembaga  pemberdayaan masyarakat   dan    kegiatan  pendidikan,   kebudayaan,    pemuda,   olah raga,   kesehatan,  dan   kesejahteraan  masyarakat  dengan unit/instansi terkait sesuai dengan tugas dan  fungsi.